Jumat, 25 November 2011

Atraksi Motor Jangan Menyesatkan

Atraksi Motor Jangan Menyesatkan

 

 

Atraksi motor yang menghebohkan tanpa penjelasan yang detail dapat menyesatkan pengguna motor. Sebagai masyarakat awam, tentunya banyak yang tidak memahami jika atraksi motor menggunakan trik-trik dan perubahan cara kerja tertentu agar aksi motor tersebut berhasil. Hal mana ketertarikan terhadap aksi motor dapat berakibat munculnya keinginan masyarakat awam untuk mencoba atraksi yang pernah disaksikannya tanpa memperhitungkan akibat yang akan terjadi, yakni kerusakan pada motor si pengguna.

Saat ini sedang marak aksi-aksi menghebohkan yang dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat, seperti merendam motor dengan air, menarik truk dengan motor, dan masih banyak lagi aksi ekstrim lainnya. Aksi seperti ini seharusnya dibarengi dengan penjelasan tentang bagaimana atraksi itu dapat dilakukan, misalnya saja untuk aksi merendam motor di dalam air, jika kondisi motor tidak ada yang dirubah, maka motor tidak akan dapat menyala jika trendam di dalam air yang tingginya melebihi dari tinggi mesin maupun knalpot motor tersebut. Motor sama halnya dengan manusia yang memiliki alat pernapasan dan pembuangan, yakni saringan hawa dan knalpot. Jika keduanya terendam air, maka dipastikan motor tersebut tidak akan bisa menyala, kecuali digunakan trik tertentu seperti menempatkan knalpot dan saringan hawa lebih tinggi dari permukaan air, sehingga air tidak dapat masuk melalui keduanya dan mengganggu proses pembakaran di dalam mesin motor.
Sedangkan untuk aksi menarik truk dengan motor, sebelumnya harus dilihat dulu jenis truk apa yang ditarik. Untuk dapat melakukan aksi tersebut dapat menggunakan trik antara lain mengeraskan ataupun melicinkan ban truknya terlebih dahulu, sehingga truk menjadi lebih ringan. Kemungkinan lainnya truk sedang dalam kondisi bisa bergerak, sehingga bisa dengan mudah ditarik oleh motor, dan masih banyak trik-trik lainnya.
Masyarakat perlu memahami bahwa setiap atraksi seperti merendam motor dalam air dan menarik truk pasti memiliki trik tersendiri, sehingga tidak seharusnya mencoba untuk menirukan hal yang sama. Jika banjir datang dengan genangan air yang cukup tinggi, jangan biarkan motor terus menerobos hingga terendam, karena motor pasti akan mati dan dapat mengalami kerusakan yang cukup parah. Selain itu, jika ada mobil atau truk sedang mogok di jalan, maka motor bukan diperuntukkan untuk menarik beban yang sebegitu berat, karena pastinya akan menyebabkan kondisi motor menjadi rusak.
Gunarko Hartoyo, Promotion Manager CV. Indako Trading Co selaku main dealer Honda di Sumatera Utara mengungkapkan aksi-aksi seperti ini diharapkan tidak sampai menyesatkan masyarakat, jangan masyarakat awam yang kurang memahami malah ikut mencoba atraksi tersebut, karena masyarakat juga yang nantinya akan mengalami kerugian.
Saat ini banyak hiburan menarik yang dapat kita nikmati, banyak atraksi menghebohkan dan unik, namun sangat dibutuhkan pemahaman dan kehati-hatian jika ingin mencoba aksi-aksi tersebut, semua demi keselamatan dan kenyamanan pengguna sepeda motor“, ujar Gunarko Hartoyo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar