Jumat, 25 November 2011

Shuffle Dance

Shuffle Dance



Shuffle dance atau tari shuffle itu adalah gaya tarian yang berasal dari Melbourne Underground Scene, Australia.Shuffle dance ini sebenarnya adalah gaya tarian lama yang sempet ngetop di tahun 1980-an.
Seperti break dance, nggak sih?
Eits, shuffle dance nggak sama dengan break dance , lho!
Shuffle dance itu bukan tarian yang pas buat diadu seperti break dance walaupun efek sporty juga ada seperti break dance.
Hmm.. katanya nih, 5 menit kita menari shuffle sama dengan 30 menit treadmil ! Hihihi.. mantap nggak, tuh?
Asal kamu tahu saja nih, gaya tarian shuffle ini mulai disukai oleh para remaja di Australia pada tahun 2004. Dan tahun 2006, gaya tarian ini sampai ke Indonesia, deh! 

Ketika Dimulai
Diperkenalkan pada awal tahun '80an oleh underground arts community di Melbourne (Australia), sejarah asal Shuffle dance sebetulnya jauh sebelum itu. Dikenal dengan nama Clog dancing, dimana alas kaki yang digunakan merupakan sepatu kayu (clog), Shuffle dimulai lebih dari 80 tahun yang lalu oleh para pelaut yang merasa bosan dengan kehidupan di atas kapal. Dengan ruangan yang terbatas, gerakan Clog dancing lebih memfokuskan pada kaki ketimbang bagian tubuh lainnya. Pada tahun '60an-'80an, Clogging yang juga akrab dikenal dengan Stomping menjadi tarian standar di Melbourne berkat bangkitnya tarian tradisional folk pada era itu. 

Gerakan Shuffle Dance
Gerakan kunci terletak pada kaki dimana kaki menghentak ke lantai sesuai dengan ketukan lagu yang mengiringi ditambah dengan tendangan, putaran atau trik-trik lain-nya. Pada dasarnya, tidak ada gerakan tetap dalam shuffling. Tarian ini merupakan gerak bebas dari tarian tradisional folk dance dimana para shufflers bebas untuk menciptakan atau mengeksplorasi gerakan lainnya. Berbagai macam genre musik dapat mengiringi tarian ini, walaupun musik dengan 130-150 bpm lebih diminati. Nilai plus dari Shuffle adalah, tarian ini terbuka untuk semua orang dan tidak terbatas pada umur karena shuffle merupakan social dance that highlights creative freedom.  


Perkembangan Shuffle Dance
Gencarnya perkembangan Shuffle dance yang diprakarsai para Melbourne street artist membuat tarian ini terbagi menjadi tiga era, yaitu Oldskool: 1990-96, Komersial: 1997-2003 dan Global: 2006-sekarang. Semakin banyaknya penggemar Shuffle dance, bertambah muda pula umur anggotanya, Eksplorasi gerakan-nya pun semakin beragam dan menghasilkan empat genre utama yaitu Oldskool, Hardstyle, Rock, Competition, Freestyle, dan Group Formation. 

Shuffle Dance di Jakarta
Maraknya Shuffle crew di Jakarta memang bermunculan baru-baru ini. Mengadaptasi Melbourne Shuffle sebagai kiblat mereka, nama-nama seperti Indo Rockers dan Astro7 Shuffle merupakan beberapa Shuffle crew yang beranggotakan rata-rata anak muda dengan minat yang sama yaitu mengembangkan tarian ini dan mengadakan regular meet-up untuk bertemu atau sekedar bertukar "ilmu" tentang shuffle dancing. Berminat untuk bergabung? Browse www.indorockers.com untuk informasi selengkapnya.  





Tidak ada komentar:

Posting Komentar